Kata Bijak Persahabatan, Satu Bentuk Kepedulian Sahabat


Sumber: www.AnneAhira.com

Kata bijak persahabatan adalah kata-kata yang kita sampaikan dalam sebuah ikatan persahabatan sehingga kita dapat menjaga dan terjaga dari pola hidup negative. Persahabatan adalah satu bentuk interaksi personal yang terjalin sebagai perwujudan eksistensi diri.

Dengan mengembangkan interaksi personal ini, maka kehidupan kita menjadi lebih baik dan terkontrol. Artinya, dengan adanya seorang sahabat, maka segala tingkah laku dan tutur kata kita dapat kita diatur.

Seperti kita ketahui, jika kita sudah bersosialisasi dengan orang lain, terkadang kita lepas kendali dalam sikap dan tutur kata. Tetapi, jika kita mempunyai sahabat, maka hal tersebut dapat kita kendalikan. Setidaknya kata bijak persahabatan merupakan satu kode etik yang diberlakukan sebagai acuan berinteraksi antar personal ataupun kelompok.


Bentuk kepedulian sahabat

Sudah lazimnya ketika seorang sahabat menyampaikan kata bijak persahabatan. Ini sangat penting mengingat setiap sahabat menginginkan hal terbaik bagi sahabatnya. Mereka tidak ingin sesuatu terjadi pada sahabatnya.

Sahabat yang baik dan bijak adalah sahabat yang memahami kondisi sahabatnya. Mereka segera tanggap atas kondisi yang dialami sahabatnya. Tanpa diminta, maka mereka datang ke sahabat untuk memberikan dukungan positif, agar sang sahabat menghadapi hidup dengan sebaik-baiknya.

Begitu pentingnya arti seorang sahabat, maka tidak jarang seseorang rela melakukan apapun untuk sahabatnya. Mereka tidak perduli apapun yang terjadi sebab hal penting bagi mereka adalah tidak ingin sahabatnya mengalami kecelakaan atau hal negatif lainnya.

Sahabat itu bagaikan pakaian kita. Jika sahabat kita mengalami penderitaan, maka kita juga merasakan betapa penderitaan itu sangat menyakitkan. Oleh karena itulah, dengan kata bijak persahabatan, maka terjalin keeratan yang semakin kuat dan kesadaran bahwa mereka masih mempunyai seseorang yang berarti dalam hidupnya.

Inilah bentuk kepedulian seorang sahabat kepada sahabatnya. Mereka tidak rela sesuatu terjadi kepada sahabatnya, terutama hal-hal negatif. Bagi mereka kebahagiaan sahabat adalah yang paling utama. Pada saat kita melihat sahabat kita bahagia, maka kita juga ikut bahagia. Begitu juga ketika kita melihat sahabat kita berduka, maka kita juga ikut berduka.


Indahnya saling mengingatkan

Hidup ini bagaikan berjalan di hutan rimba. Kita tidak pernah tahu apa yang bakal kita hadapi di sepanjang perjalanan hidup kita. Ibaratnya, jika melangkah ke arah timur, kita belum tahu persis apa yang ada di daerah timur sana. Tapi,kita harus berjalan ke timur. Tidak bisa kita melawan arahnya. Melawan arah berarti kehancuran.

Dan, satu hal yang perlu kita pahami bahwa kita tidak pernah lepas dari kesalahan. Setiap saat, kita mempunyai kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut dapat karena kita lalai atau mungkin juga karena memang kita sengaja. Tetapi, keduanya memberikan konsekuensi yang sama terhadap kondisi kita.

Ketika kita melakukan kesalahan, baik sengaja ataupun tidak sengaja, maka seorang sahabat pasti memberikan pandangan dan ingatan atas apa yang kita lakukan. Mereka datang dengan senyum atau mungkin kemarahan kepada kita. Tetapi kemarahan itu adalah untuk kebaikan semua.

Sahabat selalu mengingatkan saat kita melakukan kesalahan, bahkan ketika ada indikasi melakukan kesalahan. Sungguh indah sebuah persahabatan yang selalu dihiasi oleh kata bijak persahabatan. Bersyukurlah kita yang mempunyai banyak sahabat yang siap memberikan saran dan teguran untuk kebaikan hidup kita.


Ikatlah persahabatan seluasnya

Bersahabatlah dengan semua orang! Dalam persahabatan itulah kita akan menemukan satu dan banyak kebaikan hidup. Kehidupan ini sangat luas dan interaksi kita dengan sesama sangatlah variatif. Karena itu kemungkinan friksi sangat besar.

Untuk mengurangi friksi yang memungkinkan terjadinya geseran atau benturan, maka dengan memperluas artinya memperbanyak sahabat merupakan langkah konkrit untuk mencegah geseran atau friksi sosial tersebut.

Dengan semakin banyak sahabat yang kita miliki, maka semakin banyak kata bijak persahabatan yang kita dapatkan. Dan semakin banyak kata bijak, berarti kehiduan kita semakin baik dan tertata.

Ada pepatah mengatakan bahwa lebih baik jadi peramah daripada pemarah. Itu artinya lebih baik banyak sahabat daripada musuh. Dengan semakin banyak sahabat, hidup kita semakin baik dan tidak mengalami kesulitan. Hidup yang nyaman adalah hidup yang dikeliling oleh banyak sahabat.

Iklan